Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Buat Background Foto Jadi Blur dengan Snapseed Tanpa Internet

Cara Mudah Buat Background Foto Jadi Blur dengan Snapseed Tanpa Internet

Cara Mudah Buat Background Foto Jadi Blur dengan Snapseed Tanpa Internet 

Hai sobat Glozarian dimanapun kalian berada, gimana nih kabarnya? Kali ini mimin kembali dengan menyediakan tutorial lagi, tentunya yang bermanfaat dan banyak dibutuhkan saat ini.

Cara Mudah Buat Background Foto Jadi Blur dengan Snapseed Tanpa Internet - Foto dengan background blur adalah ciri khas foto yang dihasilkan oleh jepretan kamera. Foto seperti itu akan terlihat lebih menarik karena berfokus pada object atau pemeran utama dari sebuah foto. Foto dengan background blur hanya dapat diterapkan pada foto yang tujuan utamanya menceritakan suatu object tertentu, sehingga dibuat fokus hanya pada object utamanya dan yang lainnya dibuat blur agar yang melihat foto tersebut langsung mengerti pemeran utama atau maksud dari sebuah foto.

Dahulu perlu sebuah kamera untuk memiliki foto dengan hasil background yang blur dan fokus pada object saja, tetapi saat ini banyak smartphone yang bahkan menyediakan fitur blur background otomatis dikameranya untuk mendapatkan hasil foto yang sama seperti menggunakan kamera DSLR. Tetapi jangan khawatir bagi kalian yang smartphone nya belum memiliki fitur smart blur, karena kalian dapat mengedit foto kalian di aplikasi editing foto salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu snapseed. 

Baca Juga:

Sekilas Tentang Aplikasi Snapseed

Snapseed merupakan salah satu aplikasi edit foto favorit saat ini, karena fiturnya yang lengkap dan tampilan yang mudah dipahami terutama bagi para pemula. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan snapseed seperti menghilangkan object mengganggu, color grading, membuat background blur dan banyak lagi.

Untuk membuat background blur kali ini, ada beberapa alat yang kita gunakan pada fitur snapseed yaitu :
  • Fitur Healing (untuk menghapus object utama)
  • Fitur Lens Blur (untuk membuat background blur) dan 
  • Fitur Eksposur Ganda.
Bagaimana cara menggunakan ketiga alat ini untuk membuat background menjadi blur? Yuk langsung saja ke tutorialnya.

Baca Juga:

Cara Mudah Buat Background Jadi Blur dengan Snapseed Tanpa Internet

1. Buka aplikasi Snapseed, lalu tambahkan foto yang akan kalian blur backgroundnya. Tidak disarankan untuk foto yang terlalu ramai di dalamnya dan object utama cenderung lebih kecil.
2. Pada menu alat klik “healing


3. Lakukan select menyeluruh pada object utama. Bagian ini bertujuan untuk menghilangkan terlebih dahulu objek utama agar proses blur background lebih sempurna dan terlihat alami. Jika sudah klik centang pada bagian kanan bawah.


4. Masuk kembali ke menu alat lalu pilih “Lens Blur
5. Sesuaikan rentang blur dengan foto kalian pada tutorial kali ini diatur pada angka 55. Turunkan Transisi menjadi 0. Sesuaikan tingkat vignette dengan foto yang kalian miliki. 


6. Masuk lagi ke menu alat lalu pilih “Eksposur ganda” 
7. Klik icon tambah gambar lalu masukkan foto yang sama dengan yang sedang kalian edit. Pada bagian opasitas full-kan angka opasitasnya lalu klik centang pada bagian bawah kanan.


8. Klik icon edit tumpukan 👉 Lihat pengeditan


9. Pilih Eksposur ganda lalu pilih tools edit.


10. Klik icon mata lalu usap pada bagian object sampai terlihat secara keseluruhan objectnya. Setelah itu klik kembali icon mata hingga berwarna hitam dan terlihat object yang telah di-select.


11. Hasilnya akan terlihat tidak rapih dan untuk merapihkannya turunkan eksposur menjadi 0, zoom pada gambar lalu mulai rapihkan bagian yang belum terlihat rapih. Jika objet utamanya terkena blur rapihkan kembali dengan menaikkan eksposur menjadi 100
 

12. Jika sudah selesai simpan foto dengan cara klik ekspor lalu pilih Simpan.


Nah itu dia tutorial kita kali ini, gimana mudah kan?

Kesimpulan

Cara Mudah Buat Background Jadi Blur dengan Snapseed Tanpa Internet - Dengan membuat blur background dan memfokuskan foto pada object. Mungkin akan membuat foto menjadi lebih berkelas. Tetapi jangan salah, foto awal yang akan kalian edit juga perlu resolusi yang setidaknya membuat dia terlihat jelas dan tidak pecah. Ini karena jika dasar fotonya tidak bagus lalu diedit, blur background hasilnya akan kurang maksimal. Sehingga perlu diperhatikan untuk pengambilan gambar/foto yang kalian miliki yaa, usahakan pencahayaannya pas sehingga hasil foto dapat terlihat jernih dan jelas.

Segitu aja tutorial kali ini, terimakasih sudah membaca… bye bye.
Share :

Belum ada komentar untuk "Cara Mudah Buat Background Foto Jadi Blur dengan Snapseed Tanpa Internet"