Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mau Coba Digital Detox? Apa dan Bagaimana Melakukan Digital Detox?

Mau Coba Digital Detox Apa dan Bagaimana Melakukan Digital Detox - Glozaria

Mau Coba Digital Detox? Apa dan Bagaimana Melakukan Digital Detox?

Hallo sobat Glozarian. Balik lagi bersama mimin di website kesayangan kita semua, apalagi kalau bukan Glozaria. Kali ini mimin belum bahas tutorial dulu yaa. Tapi jangan salah, artikel kali ini akan membahas hal yang pastinya juga bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya yaitu tentang digital detox.

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua aspek kehidupan kita terhubung dengan teknologi. Teknologi mendominasi kehidupan manusia dari mulai adanya media sosial hingga aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel kita, yang mana setiap harinya kita lihat. Dan juga mulai dari pekerjaan hingga hiburan pun, kita dikelilingi oleh layar sepanjang hari.

Bersamaan dengan itu pula  banyak informasi dari luar sana baik itu yang positif maupun informasi negative masuk ke dalam otak kita dan membuat tekanan di diri kita dimulai dari hal-hal yang membuat kita overthingking. So, pernahkah kalian merasa lelah dan tertekan karena terus-menerus terhubung? Jika ya, maka saatnya kamu mempertimbangkan untuk melakukan digital detox.

Tapi sebelum itu, apasih sebenarnya digital detox? Dan bagaimana cara melakukannya? Yuk kita bahas lebih lanjut. 

Apa itu Digital Detox?

 
Mau Coba Digital Detox Apa dan Bagaimana Melakukan Digital Detox - Glozaria

Digital detox merujuk pada langkah-langkah untuk menghentikan atau mengurangi penggunaan perangkat digital seperti ponsel, komputer, dan media sosial dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi pikiran dan tubuh untuk beristirahat dari paparan teknologi yang terus-menerus. 

Di zaman yang semuanya serba cepat ini, teknologi seringkali menjadi sumber stress yang tak terduga. Notifikasi yang terus-menerus, berita yang selalu update, dan tuntutan untuk selalu online bisa membuat kita merasa terbebani. Dengan melakukan digital detox dapat membantu mengembalikan keseimbangan dan mengurangi ketergantungan pada perangkat digital, memungkinkan kita untuk lebih fokus pada pengalaman hidup yang lebih nyata dan berarti.

Mengapa Penting Melakukan Digital Detox?

Mau Coba Digital Detox Apa dan Bagaimana Melakukan Digital Detox - Glozaria

  1. Mengurangi stress : seringnya terpapar berita negatif, pesan dan notifikasi dapat membuat stress semakin meningkat. Sehingga dengan menjalani digital detox, kamu dapat memberi dirimu kesempatan untuk bersantai dan menenagkan pikiran
  2. Meningkatkan kualitas tidur : dengan menggunakan perangkat digital sebelum tidur dapat merusak pola tidurmu. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar menghambat produksi melatonin, hormon yang mendukung tidur. Dengan melakukan digital detox sebelum tidur, kamu bisa tidur dengan lebih nyenyak
  3. Meningkatkan hubungan sosial : jika terlalu banyak menghabiskan waktu didunia maya, interaksi dengan orang-orang disekitarmu akan menurun. Digital detox mendorong kita untuk bisa lebih fokus pada hubungan tatap muka dan memperbaiki kualitas waktu yang dihabiskan bersama keluarga, teman dan orang-orang sekitar.
  4. Meningkatkan produktivitas : dengan memeriksa ponsel atau email secara terus-menerus dapat mengganggu konsentrasi dan menurunkan produktivitas. Mengurangi gangguan digital akan membuatmu lebih fokus dalam tugas-tugas yang sedang dikerjakan.

Bagaimana Sih Cara Melakukan Digital Detox?

Mau Coba Digital Detox Apa dan Bagaimana Melakukan Digital Detox - Glozaria

  1. Mentetapkan tujuan : tentukan terlebih dahulu apa sebenarnya yang ingin kamu capai dengan digital detox. Apakah kamu ingin beristirahat selama beberapa jam, sepanjang hari, atau bahkan lebih lama? Dengan menetapkan tujuan yang jelas akan membantu kamu tetap fokus. 
  2. Rencanakan waktu tanpa gadget : coba untuk memilih waktu tertentu setiap hari atau minggu untuk tidak menggunakan ponsel setelah pukul 8 malam atau bisa juga membuat rencana akhir pekan tanpa akses ke media sosial. 
  3. Alihkan aktivitas digital dengan aktivitas fisik : cari kegiatan alternative yang tidak melibatkan teknologi. Membaca buku, berolahraga, berkebun, atau memasak bisa menjadi pilihan yang menyenangkan dan bermanfaat
  4. Matikan notifikasi : untuk mengurangi gangguan dari ponsel, cobalah untuk mematikan notifikasi yang tidak perlu. Cara ini akan membuatmu lebih fokus pada hal-hal yang penting.  
  5. Cari hobi baru : manfaatkan waktu kamu yang biasanya didepan layar untuk bisa menjelajahi hobi baru atau mengasah keterampilan yang belum kamu coba. Mungkin ada banyak hal diluar sana yang menyenangkan dan belum pernah kamu coba.
  6. Buatlah rutinitas pagi dan malam tanpa gadget : cobalah berusaha untuk memulai hari dengan kegiatan yang tidak melibatkan teknologi. Hal ini dapat membantu mengurangi ketergantungan pada perangkat digital. 
Jadi itu dia gais penjelasan mengapa digital detox itu penting dan bagaimana cara melakukannya.

Perbedaan Digital Detox Dengan Dopamine Detox

Mau Coba Digital Detox Apa dan Bagaimana Melakukan Digital Detox - Glozaria

Nah kalian disini udah pernah denger tentang istilah dopamine detox? Walaupun terdengar mirip tetapi dopamine detox dan digital detox adalah konsep yang berbeda. Yuk kita bahas sedikit !

Dopamine detox adalah metode yang sering digunakan untuk mengurangi stimulasi berlebihan yang merangsang produksi dopamin, neurotransmitter yang terkait dengan kesenangan dan penghargaan. Tujuannya adalah untuk "mengatur ulang" sistem reward otak kita sehingga kita tidak terlalu bergantung pada rangsangan instan seperti media sosial, video game, atau makanan manis.

Sementara untuk digital detox berfokus pada mengurangi atau berhenti menggunakan perangkat digital, dopamin detox lebih luas. Ini tidak hanya melibatkan perangkat digital, tetapi juga mencakup segala sesuatu yang bisa memberikan kepuasan instan dan seringkali membuat kita terjebak dalam kebiasaan yang tidak sehat dan merugikan.

Nah jadi itu dia teman-teman. Gimana, pembahasan kita kali ini sangat bermanfaat bukan? Buat teman-teman semua boleh banget mulai nerapin digital detox ini karena dapat membantu menjaga kesehatan mental kita juga looh. Semoga artikel ini bermanfaat yaa… terimakasih sudah membaca… bye bye
Share :

Belum ada komentar untuk "Mau Coba Digital Detox? Apa dan Bagaimana Melakukan Digital Detox?"